Thursday, December 4, 2008

Kenapa economi USA memburuk tahun 2009?

Saya ingin mengulas tentang prediksi makin memburuknya kondisi ekonomi America pada tahun 2009. Tapi saya ingin mengulasnya dengan bahasa yang simple dan penjelasan yang pragmatis.
Banyak orang berpikir bahwa setelah Obama terpilih sebagai presiden America maka krisis akan segera teratasi....ah itu hanya tipe orang menggantungkan nasibnya pada orang lain. Obama itu manusia biasa...bedanya dia ahli pidato dan politik. Ketahuilah bahwa Obama itu seperti membeli kereta api bekas dan tidak hanya bekas tapi kereta api bekas yang habis terguling, ya...kondisi America saat ini seperti "a used train" atau orang Indonesia bilang second hand. Tentunya dengan membeli kereta api bekas dengan kondisi seperti itu, tentunya saat ini dia butuh banyak uang untuk perbaikan, baik untuk beli spare part ataupun membayar tukang reparasinya. Team ekonominya itu diibaratkan tukang reparasi disini. Tentunya tukang reparasi ini butuh modal, spare parts dan waktu. Nah...tahun tahun depan mulai tahun 2009 merupakan waktu dimana dia hanya menghabiskan uang dan waktu untuk perbaikan kereta api. Kapan perbaikan itu selesai? No body knows, bahkan tukang servisnya sendiri tidak tahu...? Bisa 1 tahun, bisa 2 tahun, bisa 3 tahun...tergantung seberapa parah kerusakan dan ketersediaan spare partnya. Kalau waktu dan uang, mereka sudah punya. Tinggal spare partnya yang belum menjamin. Pabrik mobil, Bank, pelaku-pelaku bisnis atau bisnisman besar dan kecil, atau semua penggerak roda perekonimian negara itu diibaratkan sebagai Spare part. Kalau spare part ndak ada ya...ekonomi tidak jalan.
Setelah kereta api bekas tadi selesai diperbaiki, barulah dia bisa dioperasikan untuk mencari penumpang. Agar menghasilkan uang. Penumpang ini layaknya para investor dan human resources. Banyak sedikitnya penumpang tergantung baik tidaknya pelayanan. Semakin bagus pelayanannya semakin banyak penumpangnya. Termasuk destination cities atau rute perjalanan merupakan selling point bagi mereka untuk menarik lebih banyak penumpang. Semakin luas dan besar coverage area atau stasiun tujuan kereta api tadi, semakin banyak penumpang yang naik. Kota kota tujuan tadi diibaratkan pulihnya satu persatu roda ekonomi. Misal sektor perbankan, properti bisnis, industri, sampai ke warung nasi kucing.
Begitulah penjelasan ala kadarnya dari saya, untuk itu tahun 2009 dan mungkin tahun 2010 merupakan masa masa keprihatinan. Dan dampaknya bisa jadi sampai Indonesia. Untuk itu bertindaklah yang bijaksana, hati hati dan hindari pemborosan. Carilah bekal untuk melampui masa masa krisis ini. Anggap saja kita sedang Hibernasi, tidur panjang pada musim dingin. Tetapi jangan melupakan fungsi harta yang berfungsi sosial juga. Hidup berhemat bukan berarti tidak peduli orang lain.
Sekian ulasan saya..........

No comments:

Facebookers

TopOfBlogs