Tuesday, October 13, 2009

Tanda Tanda Runtuhnya Dollar Bertambah Jelas

Bersumber dari The Economic Times News dan Mineweb News, tanda-tanda runtuhnya dominasi Dollar sebagai global currency atau mata uang dunia semakin jelas.
Pada tanggal 8 Oktober 2009 harga emas menyentuh di titik tertinggi pada $1,061.20 per troy ounce, di Indonesia harga per gram sudah mencapai Rp.366.500 per gram ( data dari logammulia.com )

Gold prices continued its northward journey as the investors in the international markets are shifting their fund into gold due to depreciation of dollar against all leading currencies of the world. Market pundits feel that prices of the yellow metal is expected to remain firm as dollar is showing signs of weakness.

“Last year, I had bought only 50 gm of gold but today I purchased 120 gm of gold even at this rate, anticipating appreciation in the coming months,” said Pravin Shah, a businessman in Satellite area. ( the Economic Times News )

Terjemahannya:
Harga emas terus merangkak naik karena para investor pasar International mengganti dana mereka ke dalam emas dikarenakan depresiasi Dollar terhadap seluruh mata uang di dunia. Para pakar berpendapat bahwa harga emas akan terus menguat selama dollar terus mengalami tanda-tanda pelemahan.
" Tahun lalu, saya telah membeli 50 gram, tetapi hari ini saya membeli 120 gram emas meskipun harga emas sangat tinggi saat ini, saya sekedar mengantisipasi pelemahan dollar di bulan-bulan mendatang," kata Pravin Shah, seorang pengusaha di bidang Satellite.

Saat ini seluruh dunia mengetahui bahwa fundamental ekonomi Amerika tidak bagus, hal ini memacu diversifikasi devisa negara yang tadinya sebagian besar dalam dollar, sekarang mulai mengurangi jumlah dollar dan menambah jumlah Euro, GBP, RMB/Yuan, Yen termasuk emas.

Kalau sampai akhir 2010 belum ada tanda-tanda membaiknya fundamental ekonomi Amerika atau Dollar terus mengalami pelemahan, maka Negara-negara pemegang Devisa Dollar terbanyak spt China, Jepang dan negara-negara besar lainnya boleh jadi akan mengurangi cadangan Dollar mereka dalam jumlah yang besar.

Hal ini memicu kenaikan harga emas yang saat ini sudah tinggi akan terus naik bahkan ada prediksi harga emas bisa sampai $2000 per troy ounce. Karena tidak ada cara yang aman selain menyimpan dana dalam bentuk emas. Para pelaku bisnis dunia yang sekarang sudah mulai mengganti cadangan dana mereka dalam emas, tahun-tahun depan boleh jadi akan memborong emas lagi sebagai sarana Hedging/lindung nilai.

Moment sekarang ini boleh jadi saat yang tepat bagi masyarakat untuk mulai sedikit demi sedikit membeli emas sebagai cadangan hari tua mereka, karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa tabungan kita yang saat ini berjumlah 100 juta akan bernilai sama 10 atau 20 tahun yang akan datang saat kita pensiun. Boleh jadi 100 juta 20 tahun yang akan datang akan senilai 10 juta saat ini. Itulah kenapa para investor international membeli emas, karena 100 tahun yang akan datang emas 1 kg masih akan tetap sama dengan nilai 1 kg emas saat ini. Kalau 1 kg berharga 320 juta cukup untuk membeli rumah yang layak, maka 100 tahun yang akan datang emas 1 kg masih tetap senilai 1 rumah yang layak. Tidak percaya buktikan!

Untuk lebih jelas tentang planning keuangan silakan kunjungi www.ayo-investasi.com

No comments:

Facebookers

TopOfBlogs